Loading

Polda DIY bekerjasama dengan STIPRAM Yogyakarta menandatanganani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Satuan Mahasiswa Bhayangkara (Satmabhara). Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Kampus STIPRAM ini dilakukan oleh Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si. dan Ketua Stipram Suhendroyo, SH., M.Par, Rabu 17/01/2018.

Menurut Kapolda, UKM Satmabhara ini nantinya akan membekali mahasiswa dengan kemampuan melaksanakan tugas – tugas kepolisian secara terbatas. Seperti pengamanan Tempat Kejadian Peristiwa jika terjadi sebuah kegawatdaruratan.

“Misalkan nanti ada yang bertugas di Hotel, kemudian satu ketika mendapati orang meninggal dunia. Tugas dia selaku anggota Satma-Bhara, ia bisa mengerti hal-hal apa yang pertama kali dilakukan. Jangan dibersihkan, jangan pegang apa-apa di lokasi kejadian. Belum tentu ini semua orang memahami,” ujar Brigjen Pol Ahmad Dofiri, menjelaskan.

Hal itu tentunya bisa merambah kepada tugas lain. Misalkan pada lalu lintas, pertolongan SAR dan masih banyak lainnya. Ia berharap dengan adanya UKM Satma-Bhara ini mahasiswa nantinya memiliki bekal yang kuat mengenai tugas kepolisian ketika kembali terjun ke masyarakat.

Penulis: Agung MP

Share this: