Loading

Kunjungan Mahasiswa dan Dosen Phuket College of International Tourism, Phuket Rajabhat University dalam rangka Pertukaran Budaya, Pendidikan dan Pariwisata

Sebanyak 20 mahasiswa dari Phuket College of International Tourism, Phuket Rajabhat University (PCIT-PKRU) didampingi oleh 2 dosen pembimbing (Ms. Kanyapat Pattanapokinsakul, Asisten Dekan bidang Akademik dan Ms. Suphattra Sangthong, Asisten Dekan bidang Urusan Luar Negeri) mengadakan kunjungan selama 7 hari di STIPRAM dari tanggal 11 Mei 2018 hingga 17 Mei 2018. Rombongan diterima oleh Ketua STIPRAM, Bapak Suhendroyono, SH., MM., M.Par., CHE dan Wakil Ketua STIPRAM, Ibu Dra. Damiasih, MM., M.Par., CHE beserta staf akademik lainnya.

Rombongan tersebut berada di Yogyakarta dalam rangka program pertukaran kebudayaan, pendidikan dan pariwisata antara Phuket, Thailand dengan Yogyakarta. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh kunjungan balasan mahasiswa STIPRAM ke kampus PCIT-PKRU Phuket pada bulan Agustus mendatang dengan agenda serupa.

Selama berada di Yogyakarta, rombongan PCIT-PKRU Phuket mengikuti perkuliahan di kelas-kelas sesuai dengan jadwal perkuliahan yang ada di STIPRAM, antara lain Introduction to Tourism, Indonesian Language, Accommodation Operations dan Business Strategy. Jadwal kuliah tersebut menyesuaikan dengan jadwal kuliah kelas-kelas internasional yang ada di STIPRAM, sehingga penyampaian materi dapat dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Disamping itu, mahasiswa PCIT-PKRU Phuket juga mengikuti beberapa kelas praktek, seperti praktek tari tradisional dan praktek memasak kuliner Indonesia. Mereka diajarkan cara memasak Ayam Betutu, Soto Lamongan dan Pempek Palembang. Sebaliknya, para mahasiswa dari PCIT-PKRU Phuket memberi demo memasak Tom Yam, Som Tam Tod dan Pumpkin Cake. Mereka juga memberikan kelas praktek Thai Massage kepada mahasiswa dan staff STIPRAM. Selain agenda budaya dan pendidikan, rombongan juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata unggulan di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Kraton Yogyakarta, Candi Bodobudur, Goa Pindul dan Merapi Lava Tour.

Pada tanggal 16 Mei 2018, rombongan mengadakan audiensi ke Kantor Kopertis Wilayah V Yogyakarta dan diterima oleh Bapak Tunggul Priyono, SH., M.Hum., selaku Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kelembagaan Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut Ketua STIPRAM Yogyakarta Bapak Suhendroyono, SH., MM., M.Par., CHE menjelaskan maksud kedatangan delegasi dari PCIT-PKRU Phuket yaitu dalam rangka program Culturan, Educational and Tourism Exchange untuk bertukar pengalaman di bidang budaya, pendidikan dan pariwisata. Selanjutnya, Ms. Suphattra Sangthong, Asisten Dekan bidang Urusan Luar Negeri yang hadir mewakili Dekan PCIT-PKRU Phuket, mengatakan senang dapat berkunjung ke Indonesia, khususnya Yogyakarta. Walaupun pada awal kedatangan di Indonesia sempat ragu karena adanya berita tentang erupsi Gunung Merapi, yang pada kenyataannya tidak separah dibandingkan dengan yang diberitakan di berbagai media masa saat itu. Mereka senang dapat membuktikan bahwa Yogyakarta tetap aman untuk dikunjungi. Bahkan, mereka sempat melakukan Merapi Lava Tour saat berkunjung ke Kaliurang. Dan sebagai penutup, Bapak Tunggul Priyono, SH., M.Hum memaparkan kondisi pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta dan menekankan pentingnya untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam bentuk kesepakatan kerjasama (MOU). Namun yang tidak kalah penting adalah realisasi MOU tersebut seperti yang sudah ditunjukkan oleh STIPRAM dengan program pertukaran ini.

Rangkaian agenda program Cultural, Educational and Tourism Exchange ini ditutup dengan closing ceremony, dimana mahasiswa PCIT-PKRU Phuket menampilkan karya arts and performance-nya. Secara keseluruhan mereka menampilkan 3 macam kesenian daerah, yaitu Songkran Festival dance, Muay Thai dan Tari Kipas. Akhirnya rangkaian acara closing ceremony ditutup dengan pemberian sertifikat partisipasi ke seluruh peserta program pertukaran untuk tahun ini. — Aldi, Stipram Jogja.


Gallery Kegiatan kunjungan PCIT-PKRU ke STIPRAM:

KLIK Video Kunjungan PCIT-PKRU ke STIPRAM


 

Share this: