Loading

STIPRAM Yogyakarta — Jum’at, 27 April 2018, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM Yogyakarta) menerima kunjungan dari Sondervick College, The Netherlands dan SMA Bopkri 1, Yogyakarta. Kedua delegasi tersebut berkunjung ke STIPRAM untuk belajar memasak kuliner Indonesia, khususnya, Nasi Goreng dan Lotek. Rombongan juga diperkenalkan dengan kuliner Gurameh asam manis, Sayur lodeh, dan Es dawet. Sebaliknya, siswa dari Sondervick College juga mendemontrasikan cara membuat Pancake dan Wentelteefjes atau French toast kepada mahasiswa STIPRAM.

Rombongan yang terdiri dari 25 siswa dan 2 pengajar dari Sondervick College, The Netherland, serta 25 siswa dari SMA Bopkri 1, Yogyakarta dipimpin oleh Miss Melati Slaats dan diterima oleh Wakil Ketua STIPRAM, Dra. Damiasih, M.M, M.Par., CHE di Nusantara Restoran Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPRAM) Yogyakarta. Menurut Melati, Ketua Bunga Melati Educational Experiences, kedatangan siswa dan pengajar dari Sondervick College adalah dalam rangka Program Pertukaran antara Belanda dan Indonesia, khususnya Yogyakarta. Selama di Yogyakarta, rombongan melakukan banyak kegiatan seperti mengunjungi destinasi-destinasi budaya dan alam, seperti Kraton, Benteng Vredeburgh, Candi Borobudur, Goa Pindul, dan sebagainya. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan kegiatan seni tradisional seperti berlatih gamelan, tari tradisional dan membatik.

Beberapa kegiatan yang menjadi andalan dari program tersebut adalah mengunjungi Panti Asuhan di Yogyakarta dan mengadakan bakti social serta belajar memasak. Khusus untuk kegiatan memasak, rombongan memilih Kitchen yang ada di kampus STIPRAM karena dinilai cukup luas untuk menampung semua peserta. Dengan konsep open kitchen, maka segala aktifitas di kitchen dapat dilihat dari restoran yang berlokasi tepat di sebelahnya. Dengan lokasi restoran yang bersebelahan tersebut maka hasil masakan siswa dapat langsung dihidangkan dan dinikmati bersama.

Selama kunjungan dan proses memasak, rombongan siswa didampingi dan dipandu oleh beberapa mahasiswa STIPRAM dari UKM English Speaking Community (ESC) dan UKM Kitchen. Menurut Ibu Ami, Wakil Ketua STIPRAM, kunjungan tersebut sangat positif dan menyangkut pertukaran budaya antara Yogyakarta dan Belanda. Tidak hanya itu para siswa juga berkesempatan untuk mendemonstrasikan masakan-masakan dari daerahnya masing-masing.

Diharapkan untuk ke depannya, kunjungan seperti ini tetap berlangsung secara rutin di masa yang akan datang dengan kunjungan dari College lainnya di Belanda. Thank you for your visit, Miss Melati, Sondervick College, The Netherlands, and SMA Bopkri 1 Yogyakarta. — Aldi, Stipram Jogja.


Gallery kegiatan Sondervick College The Netherlands di STIPRAM:

==> Lihat Video Kunjungan Sondervick College and SMA Bopkri 1 Yogyakarta ke STIPRAM


Oleh: Aldi Wisnumurti (Bid. Kerjasama Akademik)

Share this: