info@stipram.ac.id (0274) 485 650
Dosen STIPRAM Raih Hibah PkM Kemendikbudristek 2023
Sabtu, 14 Oktober 2023 09:46:52

Tahun 2023 ini, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta berhasil meloloskan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk memperoleh hibah PKM BIMA DRTPM KEMDIKBUDRISTEK 2023. Periode pelaksanaan program adalah selama 8 bulan dan berlokasi di Dusun Jetis, Desa Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, dengan mitra sasaran Paguyuban Homestay Lembah Oya. Program ini mencakup beberapa aspek, seperti peningkatan kualitas SDM dan tata kelola kelembagaan, perencanaan keuangan dan pembukuan, peningkatan layanan penerimaan dan penanganan keluhan tamu, peningkatan layanan prosedur penyiapan kamar dan penyajian F&B, serta peningkatan aksesibilitas dan amenitas homestay.

Menurut Kiki Rizki Makiya, M.A., Ph.D selaku Kepala LPPM STIPRAM dan sekaligus Ketua Tim Pelaksana, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas homestay di Desa Selopamioro dan sekitarnya. "Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Paguyuban Homestay Lembah Oya dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Program ini juga diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta. "Mahasiswa kami akan terlibat langsung dalam pelaksanaan program ini, sehingga mereka dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus, di samping juga mendapatkan pengalaman belajar yang berharga di lapangan," tambah Kiki Rizki Makiya, M.A., Ph.D.

STIPRAM bekerja sama dengan Paguyuban Homestay Lembah Oya dan masyarakat setempat. Tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan kemampuan manajerial pemilik homestay. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan adanya perubahan dalam manajemen pengelolaan homestay yang dibuktikan dengan digunakannya media sosial dalam pemasaran yang mampu menambah kunjungan tamu menginap. Selain itu mereka juga memiliki pencatatan keuangan tentang transaksi sehari-hari mereka yang dapat menjadi dasar untuk penghitungan laba rugi guna mengukur perkembangan homestay. Perubahan ini diharapkan menjadikan homestay lebih maju dan ramai sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para pemiliknya serta memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Desa Selopamioro dan sekitarnya dalam rangka mencapai pariwisata yang berkelanjutan.