info@stipram.ac.id (0274) 485 650
STIPRAM MOU dengan ASAINDO & Polteknik Sahid Pariwisata Jakarta
Sabtu, 13 Januari 2024 10:44:15

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta mengawali kegiatan tahun baru 2024 dengan  penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas ASA Indonesia (ASAINDO) dan Politeknik Sahid Pariwisata Jakarta pada tanggal 09 Januari 2024. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi di antara kedua belah pihak, untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan  Sumber Daya Manusia khususnya Dosen untuk lanjut studi di Program Doktoral (S3) Pariwisata Stipram, dan juga peningkatan kolaborasi penyelenggaraan tridharma peruguran tinggi.

Rektor ASAINDO Bonifasius MHN, M.Si., M.M menyambut baik kedatangan Pengelola  Stipram. Menurutnya kerjasama ini penting dilakukan dalam upaya mendukung strategi ASAINDO  mendapatkan akreditasi unggul, Kerjasama yang dilakukan sangat berguna untuk meningkatkan kualifikasi jenjang pendidikan Doktor Pariwisata para dosen di ASAINDO dan dengan demikian meningkatkan kompetensi dari jajaran dosen ASAINDO. Dari hasil kajiannya Beliau menyampaikan bahwa kurikulum  program doktor Pariwisata Stipram sangat memungkinkan mahasiswanya untuk dapat lulus tepat waktu. Ketua Yayasan Lembaga Bina Pendidikan Pariwisata (YLBPP) Prof. Dr. Parlagutan Silitonga, M.M juga antusias dan sangat mendukung penuh para dosen ASAINDO untuk studi lanjut mengambil program doktor Pariwisata ke Stipram. Pada saat itu juga penandatanganan kerjasama langsung ditindaklanjuti dengan menugaskan Dra. Herra Herryani, M.Par. yang merupakan salah satu dosen ASAINDO untuk melanjutkan studi ke Program Doktor STIPRAM  sebagai salah satu mahasiswa Batch 3 Program Doktor STIPRAM.

Dari pihak STIPRAM, Acara penandatanganan tersebut diwakili oleh Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Dr. Suhendroyono, SH., MM., M.Par., CHE., CGSP, Wakil Ketua I Bidang Akademik, Amin Kiswantoro, M.Par, Direktur Pascasarjana Dr. Tonny Hendratono, MM, Kaprodi S3 Prof. Dr. Ir. Sugiarto, M.Sc, Kaprodi S1 Dr. Moch. Nur Syamsu, S.Pt, M.Par, Prof. dan Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, MM,selaku ketua SPMI serta Nur Rohman, S.Kom, M.Par sebagai kepala Sumber Daya Manusia Bidang Karir Dosen. Adapun dari pihak ASAINDO diwakili oleh Rektor, Bonifasius MHN, M.Si., M.M, Yayasan Prof. Dr. Parlagutan Silitonga, M.M, Wakil Rektor 3 Rudhi Achmadi, SS, MM, M.Par, dan kepala LPPM.

Ruang lingkup kolaborasi dan kerjasama yang disepakati antara lain:

  1. Pertukaran Tenaga Pengajar/Dosen Tamu;
  2. Penelitian;
  3. Pengabdian kepada Masyarakat;
  4. Menyelenggarakan Event Bersama (Workshop, Seminar, dll) baik yang berskala Nasional maupun berskala Internasional di bidang Pariwisata, Manajemen dan Kuliner;
  5. Pengembangan Sumber Daya Manusia Studi lanjut Strata-3 Program Doktor Pariwisata bagi mahasiswa dan/atau dosen;
  6. Studi banding/Campus Visit;
  7. Bidang-bidang lain yang disetujui PARA PIHAK.

Pada hari yang sama Stipram juga melakukan penandatangan MoU kolaborasi dan kerjasama dengan Politeknik Sahid Pariwisata yang diwakili oleh Direktur Dr. Derinta Entas, SE, MM dan Kepala Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Dr. Suci Sandi Wachyuni, S.Tp, MM.

Kerjasama ini dilakukan berdasarkan kepada kesepakatan bersama untuk mewujudkan dan meningkatkan mutu perguruan tinggi, mengembangkan kemampuan lulusan mahasiswa dan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) kedua belah pihak. Selanjutnya dengan adanya perjanjian kerjasama ini, diharapkan kedua para pihak dapat saling memetik manfaat lebih bagi masing-masing institusi secara khusus dan masyarakat luas pada umumnya