info@stipram.ac.id (0274) 485 650
Apa Itu Sekolah Pariwisata? Simak Penjelasan dan Keuntungannya
Rabu, 19 Juni 2024 11:25:44

 Dalam era globalisasi ini, industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat. Meningkatnya minat masyarakat terhadap traveling dan eksplorasi destinasi baru menjadikan pariwisata sebagai industri yang menjanjikan. Yuk pelajari apa itu sekolah pariwisata. Namun, untuk terjun ke dunia pariwisata secara profesional, pendidikan khusus di bidang ini sangatlah penting. 

Artikel ini akan membahas apa itu sekolah pariwisata, beberapa rekomendasi sekolah pariwisata, prospek kerja, serta keuntungan yang bisa didapatkan dari menempuh pendidikan di sekolah pariwisata.

Mengenal Apa Itu Sekolah Pariwisata

Apa itu sekolah pariwisata? Sekolah pariwisata adalah institusi pendidikan yang menawarkan program studi khusus di bidang pariwisata. Program ini dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di industri pariwisata. Di sekolah pariwisata, siswa akan mempelajari berbagai aspek pariwisata, mulai dari manajemen hotel, agen perjalanan, pemandu wisata, hingga pengelolaan destinasi wisata.

Selain itu, sekolah pariwisata juga biasanya menawarkan program yang lebih spesifik seperti manajemen event, manajemen kuliner, hingga ekowisata. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan yang komprehensif dan aplikatif, sehingga lulusannya siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang sesungguhnya. 

Beberapa Rekomendasi Sekolah Pariwisata. Setelah kamu mengetahui apa itu sekolah pariwisata, kamu bisa mencoba untuk mempelajarinya. Kalau kamu tertarik untuk mengejar karir di industri pariwisata, berikut beberapa rekomendasi sekolah pariwisata yang bisa kamu pertimbangkan:

1) Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung)

STP Bandung merupakan salah satu sekolah pariwisata terbaik di Indonesia. Sekolah ini menawarkan berbagai program studi, mulai dari D3 hingga S2, yang fokus pada bidang pariwisata. Dengan fasilitas yang lengkap dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, STP Bandung menjadi pilihan utama bagi banyak calon profesional pariwisata.

2) Sekolah Tinggi Pariwisata Bali (STP Bali)

Berlokasi di salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia, STP Bali menawarkan pengalaman belajar yang unik. Sekolah ini menyediakan program studi yang mencakup berbagai aspek pariwisata, dari manajemen hotel hingga manajemen perjalanan. Selain itu, STP Bali juga memiliki jaringan industri yang kuat, memberikan peluang magang dan kerja yang luas bagi lulusannya.

3) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

PNJ juga menawarkan program studi di bidang pariwisata yang cukup kompetitif. Dengan kurikulum yang up-to-date dan fasilitas modern, PNJ menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin mendalami ilmu pariwisata. Selain itu, lokasinya yang berada di ibu kota memberikan keuntungan tersendiri dalam hal akses ke industri dan peluang kerja.

4) Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM, sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, juga menawarkan program studi pariwisata. Program ini tidak hanya fokus pada teori, tetapi juga pada praktik dan penelitian. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga siap untuk menghadapi dinamika industri pariwisata yang terus berkembang.

5) Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STiPRAM)

Pada tahun 2001, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta berganti nama menjadi Akademi Pariwisata Ambarrukmo (AKPRAM) Yogyakarta. Saat ini, AKPRAM memiliki satu program studi—Program Studi Perhotelan—untuk jurusam perhotelan dengan diploma tiga.  Selain programnya yang banyak, sekolah ini juga memiliki fasilitas yang memadai untuk belajar pariwisata. Kamu bisa belajar pariwisata dengan nyaman di sekolah ini.

Prospek Kerja

Selain mengetahui apa itu sekolah pariwisata, kamu harus mengetahui prospek kerjanya dulu. Lulusan sekolah pariwisata memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan. Industri pariwisata yang terus berkembang membuka banyak peluang kerja di berbagai bidang. Berikut beberapa prospek kerja yang bisa dijajaki oleh lulusan sekolah pariwisata:

  1. Manajer Hotel dan Restoran (Dengan pengetahuan manajemen dan operasional yang diperoleh dari sekolah pariwisata, lulusan bisa bekerja sebagai manajer hotel atau restoran. Tugas utama mereka adalah memastikan kelancaran operasional, kepuasan tamu, serta pengelolaan staf dan keuangan)
  2. Pemandu Wisata (Bagi yang memiliki minat besar dalam traveling dan pengetahuan mendalam tentang destinasi wisata, menjadi pemandu wisata adalah pilihan yang tepat. Pemandu wisata bertugas memberikan informasi dan pengalaman menarik kepada wisatawan, memastikan mereka mendapatkan pengalaman terbaik selama perjalanan)
  3. Manajer Event (Industri pariwisata tidak hanya tentang perjalanan, tetapi juga tentang event dan kegiatan. Lulusan sekolah pariwisata dengan spesialisasi manajemen event bisa bekerja sebagai manajer event, mengorganisir berbagai acara seperti konferensi, pameran, dan festival)
  4. Agen Perjalanan (Sebagai agen perjalanan, lulusan bertugas merencanakan dan mengatur perjalanan bagi klien, termasuk pemesanan tiket, akomodasi, dan itinerary. Profesi ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dan pengetahuan mendalam tentang destinasi wisata)
  5. Konsultan Pariwisata (Bagi yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas tentang industri pariwisata, menjadi konsultan pariwisata adalah pilihan karir yang menarik. Konsultan pariwisata bekerja dengan berbagai organisasi untuk membantu merencanakan dan mengembangkan strategi pariwisata yang efektif).

Keuntungan Sekolah Pariwisata

Mengetahui apa itu sekolah pariwisata saja kurang, kamu juga perlu mengetahui keuntungannya. Menempuh pendidikan di sekolah pariwisata memberikan banyak keuntungan, tidak hanya dalam hal karir tetapi juga dalam pengembangan pribadi. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari sekolah pariwisata:

  1. Pendidikan yang Komprehensif : Sekolah pariwisata menawarkan kurikulum yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri. Siswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam berbagai aspek pariwisata, sehingga siap untuk terjun ke dunia kerja.
  2. Peluang Magang dan Jaringan Industri : Banyak sekolah pariwisata memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan di industri pariwisata, memberikan kesempatan magang bagi siswa. Magang ini tidak hanya memberikan pengalaman kerja nyata, tetapi juga membuka peluang jaringan yang sangat berguna untuk karir di masa depan. 
  3. Pengembangan Keterampilan Praktis : Selain teori, sekolah pariwisata juga menekankan pada pengembangan keterampilan praktis. Siswa akan belajar melalui berbagai proyek, praktik lapangan, dan simulasi, yang membantu mereka memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh.
  4. Kesempatan Traveling : Salah satu keuntungan terbesar dari sekolah pariwisata adalah kesempatan untuk traveling. Banyak program studi yang menawarkan kunjungan ke berbagai destinasi wisata sebagai bagian dari kurikulum. Ini memberikan pengalaman langsung dan pemahaman yang lebih mendalam tentang industri pariwisata.
  5. Karir yang Menjanjikan : Dengan pendidikan yang tepat, lulusan sekolah pariwisata memiliki peluang karir yang luas dan menjanjikan. Industri pariwisata yang terus berkembang membuka banyak peluang kerja, baik di dalam negeri maupun internasional.

Sekolah pariwisata menawarkan pendidikan yang khusus dan komprehensif di bidang pariwisata, membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di industri ini. Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui apa itu sekolah pariwisata. Dengan memilih sekolah pariwisata yang tepat, kamu tidak hanya mendapatkan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga membuka peluang karir yang luas di industri yang terus berkembang ini. Jadi, kalau kamu memiliki minat besar dalam traveling dan ingin mengejar karir di industri pariwisata, sekolah pariwisata adalah pilihan yang sangat tepat. Setelah kamu mempelajari apa itu sekolah pariwisata, kamu bisa langsung terjun ke sekolahnya. Kalau kamu masih bingung mau pilih sekolah pariwisata yang bagus, STIPRAM bisa menjadi pilihan terbaikmu untuk menekuni karir di bidang pariwisata. Yuk cek detailnya di sini.