info@stipram.ac.id (0274) 485 650
STIPRAM Jogja Kembali Tunjukkan Prestasi dengan Menduduki Ranking 1 SINTA

Perlahan namun pasti, ditengah pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir. Sekolah Tinggi Ambarrukmo (STIPRAM) kembali menunjukkan prestasinya dengan menduduki “Top Ranking SINTA” untuk Perguruan Tinggi Pariwisata di Indonesia. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi secara nasional baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berjumlah 5.008 (sumber Pangkalan data SINTA DIKTI, 24 Juli 2020), STIPRAM menduduki rangking 103 Nasional dengan score 19.007.

“Sebuah prestasi yang membanggakan khususnya dalam bidang penelitian bagi kampus kami. Science and Technology Index (SINTA) adalah sebuah platform dari Dikti yang memberikan akses untuk kutipan dan keahlian dosen dan penelitian Indonesia. SINTA merupakan sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga dan jurnal Indonesia.” Kata Ketua STIPRAM Dr Suhendroyono didampingi Wakil Ketua STIPRAM, Dr Damiasi di Yogyakarta, Sabtu (25/7).  Dr Suhendroyono mengungkapkan, SINTA diluncurkan pertama kali pada 30 Januari 2017 oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti). SINTA dibuat untuk memudahkan dalam elakukan pendataan dan pemetaan publikasi ilmiah yang dilakukan pleh akademisi dan penelitian Indonesia.

Dengan prestasi STIPRAM di Ranking 1 SINTA secara Nasional, ini merupakan tantangan bagi dosen-dosen STIPRAM terutama dosen-dosen muda yang harus giat meneliti dalam situasi seperti saat ini. Ide, kreasi dan motivasi tetap harus berkorban, walaupun pembelajaran dilakukan secara daring. Karena dalam kondisi apapun semangat menulis harus tetap dipertahankan. Mengingat prestasi seseorang dosen dapat diukur salah satunya melalui hasil penelitian, melakukan pengabdian masyarakat dan menulis buku pariwisata Indonesia.