info@stipram.ac.id (0274) 485 650
Debut Pertama KKN Internasional S1 STIPRAM Tahun 2019 di Thailand

Dibulan November 2019, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) kembali membuat terobosan baru dengan melaksanakan KKN Internasional (International Community Service Program) yang diselenggarakan di Thailand.

Selama ini STIPRAM sebagai kampus Pariwisata di wilayah LLDIKTI 5 Yogyakarta masih konsisten melaksanakan KKN dan PPM ke wilayah dalam negeri baik di Jawa maupun luar Jawa, namun mulai tahun 2019 ini STIPRAM mengepakkan sayapnya melakukan KKN di luar negeri. Menurut Dr. Suhendroyono, selaku Ketua STIPRAM bahwa “program unggulan STIPRAM selama ini adalah menjalin jejaring dengan luar negeri dan salah satunya program KKN ini telah dirintis. Program ini merupakan pengembangan dari kerjasama kami dengan beberapa Perguruan Tinggi di Thailand yang sudah terjalin sejak beberapa tahun yang lalu, dan lahirlah kolaborasi program ini yang telah direalisasikan antara STIPRAM dengan PKRU sebuah University yang memiliki Fakultas Pariwisata di Phuket Thailand. KKN diSTIPRAM dilaksanakan selama sebulan dan mahasiswa langsung terjun ke desa wisata yang ada di daerah Thailand Selatan (Phuket). Masyarakat setempat sangat menyambut dan menerima mahasiswa kami terbukti dengan antusiasnya masyarakat menerima sharing ilmu dari mahasiswa kami. Selain itu mahasiswa juga berkolaborasi dengan para mahasiswa PKRU”.

Keunggulan dari program ini bahwa mahasiswa harus bisa membaur dengan masyarakat setempat dan dapat berkomunikasi sehingga program-program KKN dapat sampai kepada masyarakat Thailand. Dengan dibawah pembimbing dari para dosen STIPRAM, mahasiswa mampu menyampaikan program-program KKN dengan baik karena apapun itu Bahasa Inggris tetap diutamakan untuk program ini. Melalui KKN Internasional ini maka budaya, Bahasa, seni dan kuliner Indonesia semakin dikenal terlebih-lebih di masyarakat Bangtao Phuket yang merupakan wisata desa dengan tamu asing yang sangat luar biasa dari berbagai belahan dunia.

Selama program KKN – PPM ini dosen pembimbing dapat juga melakukan penelitian dan juga pengabdian karena memang STIPRAM akan mengedepankan kerjasama dan kolaborasi global. Mahasiswa STIPRAM sangat diuntungkan dengan program ini karena mahasiswa selain melakukan KKN dapat juga melaksanakan program wajib Foreign Case Study serta dapat pula meneliti untuk Artikel Ilmiah sebagai tugas akhir mahasiswa program S1 Pariwisata STIPRAM. Program ini dbuka untuk mahasiswa semester 6 hingga 8 program S1 Pariwisata dan semester 6 program D3 yang nantinya bakal alih jalur ke jenjang S1. Dengan demikian banyak keuntungan menjadi mahasiswa STIPRAM. — Ami, Stipram Jogja.