info@stipram.ac.id (0274) 485 650
Tesis Project Buat Indikator Kualitas Lulusan S2 Pariwisata

Mahasiswa program Pasca-sarjana S2 Pariwisata STIPRAM mengadakan perhelatan atau event sebagai langkah awal Menyusun tesis (tugas akhir mahasiswa). Perhelatan berupa ajang kompetisi kompetensi perhotelan diperuntukkan bagi siswa SMK se-DIY dan Jawa Tengah berlangsung sehari di Amartha Auditorium kampus STIPRAM, Sabtu (20 Agustus 2022).

“Perhelatan dan kompetisi ini diikuti oleh 17 SMK dari 5 kabupaten terdiri dari 128 peserta. Lomba yang digelar untuk bidang Housekeeping (Towel Art dan making bed), Product (olahan menu berbahan gembus), FB Service (Napkin Art), dan Tray Race. Acara dibuka oleh Ketua STIPRAM dan dimotivasi oleh Pimpinan Culinary School Spanyol yang kebetulan sedang berada di kampus STIPRAM dalang rangka Student Exchange,’ kata Ketua STIPRAM Yogyakarta, Dr. Suhendroyono.

Menurut bapak Suhendroyono, perhelatan tersebut mendapat sambutan luar baisa dari para peserta. Hal itu dikarenakan sudah sekian lama tidak ada kegiatan yang bersifat luring sehingga ajang tersebut sekaligus menjadi unjtuk prestasi dari anak-anak SMK. “Peserta semakin semangat karena beberapa siswa GSD Spanyol ikut membaur dengan peserta, juga didukung tim penilai dari asosiasi terkait,” ujarnya.

Wakil Ketua STIPRAM, ibu Dr. Damiasih menyatakan, perhelatan itu digelar oleh Batch-6 mahasiswa program S2 Pariwisata sebagai Langkah awal menuju syarat kelulusan. Acara sangat meriah dan membuat peserta semakin betah karena berada digedung berAC dan tertata dengan rapi. Setelah melalui tahapan perlombaan, keluar sebagai juara Napkin Art adalah SMK 3 Magelang, SMKN 1 Sewon, SMKN 4 Yogyakarta, SMKN Purwosari, SMKN 3 Magelang, STIPRAM. Sedangkan untuk bidang Towel Art diraih oleh SMKN 3 Wonosari, SMKN 3 Magelang, SMKN 1 Sewon, SMK Karyarini Yogyakarta, SMKN 3 Wonosari dan SMKN 1 Purwosari. Sedangkan untuk lomba Making Bed, SMKN 3 Wonosari, SMKN 1 Purwosari, SMKN 1 Kalasan, Victoria Hotel School, dan STIPRAM. Lomba Tray Race, SMKN 1 Saptosari, SMK Sanjaya Pakem, dan STIPRAM. Untuk olahan Tempe Gembus diraih oleh SMKN 1 Kalasan, SMKN 4 Yogyakarta dan STIPRAM.

“Bagi program S2 Pariwisata STIPRAM, perhelatan yang digelar mahasiswa ini bukan yang pertama namun akan rutin menjadi agenda syarat kelulusan mahasiswa. Jadi dapat berupa kegiatan apapun yang melibatkan beberapa pihak. Karena semua akan menjadi tumpuan dan tolok ukur tingkat keberhasilan tesis project mahasiswa,” terangnya.