info@stipram.ac.id (0274) 485 650
Nanda Rhestu Oktaviani, Finalis Putera Puteri Wisata Indonesia 2023
Senin, 15 Mei 2023 10:46:00

Nanda Rhestu Oktaviani atau kerap disapa Nanda merupakan perempuan yang lahir pada 12 Oktober 2001, dirinya akan mewakili DIY dalam bidang pariwisata sebagai Finalis Putera Puteri Wisata Indonesia 2023.

Orang tua Nanda yaitu Drs. Agus Budi Santoso dan Baiq Komariah berhasil mendidik puterinya sehingga mampu mengantarkan nanda untuk mengenyam bangku perkuliahan. Saat ini Nanda tercatat sebagai Mahasiswa Aktif di Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta (STIPRAM) dengan jurusan S1 Pariwisata.

Selain menjadi seorang mahasiswi, Nanda juga berperan penting dikegiatan sosial, seperti aktif sebagai pengurus volunteer di desa pingit Yogyakarta (@pingit_berbagi) dimana kegiatan tersebut bertujuan membantu warga desa sekitar dan mengajar anak-anak belajar di sana. Selain kegiatan sosial, Nanda juga aktif mempromosikan wisata-wisata yang ada di Yogyakarta dengan membuat konten wisata yang kemudian dimasukkan kedalam account instagram khusus advokasinya yaitu @sapariwisata_ dan Nanda juga tetap aktif mempromosikan wisata yang ada di Yogyakarta melalui account instagram pribadinya (@nandarestu12_).

Selain memiliki pengalaman dan prestasi di luar akademik, Nanda juga memiliki sejumlah prestasi akademik di kampus seperti berhasil memiliki pengalaman luar biasa yaitu dapat intership di 2 BUMN seperti di PT. Angkasa Pura I dan PT. Kereta Api (Persero). Di sisi lain, Nanda juga sudah menapakkan kaki di Negeri Jiran (Malaysia) dan Negeri Gajah Putih (Thailand) dalam kegiatan mengunjungi wisata yang ada di luar negeri untuk memahami budaya, wisata, dan lifestyle negara lain yang dimana tujuannya dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangaan wisata yang ada di Indonesia agar bisa dipahami dan diterapkan di daerah masing-masing, khususnya DIY.

Nanda mengaku sangat bangga dipercaya mewakili DIY dalam ajang ini nasional ini. Melalui ajang ini, Nanda memiliki motivasi untuk mengajak para generasi muda millenial untuk berkreasi, berkarya, dan berinovasi untuk negeri ini lebih khususnya di bidang pariwisata. Nanda memiliki talenta dan potensi untuk mengembangkan dan berkontribusi dalam mempromosikan sektor pariwisata dan menyalurkan edukasi mengenai produk umkm dan ekonomi kreatif.

Ajang ini di selenggarakan oleh Yayasan Berkads PP Wisata dan di official Putera Puteri Wisata Indonesia (@officialputeraputeriindonesia @yayasanberkads.ppw). Nanda memiliki impian dapat berkontribusi dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai role model di sektor pariwisata agar potensi yang dimilikinya tidak tenggelam begitu saja. Dalam mengikuti kompetisi ini, Nanda didukung dan disupport penuh terutama oleh kampus Nanda yaitu STIPRAM, kemudiaan diikuti beberapa lembaga pemeringah seperti Polda DIY, Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Bantul, Dinas Kebudayaan DIY dan disponsori oleh beberapa MUA dan Fashion Designer yang ada di DIY, Bantul, dan Kulon Progo. Dalam hal ini Nanda mohon dukungan kepada seluruh masyarakat khususnya DIY agar bisa menjadi inspirasi dan motivasi buat generasi muda millenial kedepannya.

Penulis: Arif Kusuma Fadholy (https://kabarsdgs.com)