info@stipram.ac.id (0274) 485 650


Profile Stipram

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta berdiri tahun 2001 dengan nama waktu itu AKADEMI PARIWISATA AMBARRUKMO (AKPRAM) Yogyakarta. Saat itu AKPRAM mempunyai program studi tunggal yaitu Program Studi Perhotelan, dengan jurusam Perhotelan UNTUK JENJANG diploma tiga (D-3).

Tahun 2004, AKPRAM telah memperoleh Akreditasi dari BAN-PT dengan nilai B dan seiring dengan pesatnya perkembangan pariwisata di Indonesia maka pada awal tahun 2008, pariwisata telah disyahkan pemerintah sebagai suatu KEILMUAN dan tidak menebeng pada rumpun ilmu yang lain.
Maka pada tahun 2008, AKPRAM meningkat status menjadi SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMBARRUKMO (STIPRAM) dengan menambanh program studi Hospitality jurusan Hospitality untuk jenjang STRATA-SATU (S1). Seiring dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap STIPRAM, maka Akreditasipun meningkat menjadi A baik untuk program studi Perhotelan maupun Hospitality/ Pariwisata.
Dan pada tahun 2015, STIPRAM telah memperoleh Akreditasi Institusi dari BAN-PT dengan nilai B dan pada tahun 2016 STIPRAM kembali diberi kepercayaan mengelola program Studi Pasca Sarjana (S-2) program Studi Pariwisata.

Tahun 2019, program studi Hospitality berubah nama menjadi program studi Pariwisata, hal ini Berdasarkan Keputusan menteri Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 872/KPT/I/2019 Tanggal 27 September 2019 Tentang Nama Program Study Hospitality Program Sarjana menjadi Program Studi Pariwisata Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

PROGRAM STUDI STIPRAM saat ini :
Program Studi Perhotelan : jurusan Perhotelan : jenjang D-3 (Akreditasi A)
Program Studi Pariwisata : jurusan Pariwisata : jenjang S-1 (Akreditasi A)
Program Studi Pariwisata : jurusan Pariwisata : jenjang S-2 (Akreditasi B)